Jumat, 24 Februari 2012

Jenis-Jenis Modem


·         Modem Internal

Modem yang terintegrasi dengan komputer—atau modem internal—biasanya berbentuk kartu yang ditancapkan ke slot PCI. Kartu tersebut menyediakan port yang bisa dihubungkan ke kabel telepon (port RJ-11). Komputer yang mempunyai port RJ-11 kemungkinan besar dilengkapi dengan modem jenis ini.Modem internal, karena sudah ada pada casing komputer, jelas menghemat tempat karena tidak perlu peranti eksternal. Namun bila dari awal komputer Anda belum dilengkapi dengan modem internal, memasang periferal satu ini lebih sulit

Modem Eksternal

Modem eksternal,seperti namanya, terpisah dari casing komputer. Modem ini dulunya dihubungkan dengan komputer melalui port serial, namun sekarang sudah ada modem yang menggunakan koneksi USB.
Modem eksternal biasanya disukai karena lebih cepat daripada modem internal. Modem ini perlu tempat dan catu daya terpisah, sehingga penanganannya lebih repot. Namun pemasangannya lebih mudah daripada modem internal.
Untuk komputer portabel,seperti laptop, patut disebutkan satu jenis modem lagi, yaitu modem yang menggunakan slot PCMCIA. Modem ini berbentuk kartu yang diselipkan ke slot PCMCIA di laptop/notebook. Modem ini tidak mengambil banyak tempat sehingga cocok buat pemakai yang mobile alias berpindah tempat.
Modem eksternal biasanya tergolong modem hardware, sedangkan modem internal biasanya tergolong softmodem. Sebutan modem hardware mungkin agak membingungkan, karena kita biasa menamakan modem sebagai hardware.
Seperti namanya, pada modem hardware semua kerja konversi data dan komunikasi dilakukan oleh hardware. Pada softmodem sebagian pekerjaan ini dialihkan pada prosesor. Modem hanya berfungsi sebagai konverter sinyal.
Softmodem
Softmodem jelas hanya cocok buat komputer dengan prosesor cepat. Ini tidak akan menjadi soal buat komputer mutakhir, tapi modem ini akan membuat komputer lawas tertatih-tatih.Karena sebagian tugas modem dikerjakan prosesor, softmodem sangat tergantung pada driver dan sistem operasi komputer yang bersangkutan. Kebanyakan softmodem hanya menyediakan driver buat Windows, sehingga modem jenis ini sering juga disebut winmodem. Karena itu modem ini sulit digunakan dengan sistem operasi selain Windows. Bila kompuer Anda menggunakan Linux atau malah masih pakai DOS misalnya, jangan beli softmodem.
Kelebihan softmodem terutama terletak pada harganya yang lebih murah daripada modem hardware. Modem sebenarnya cara yang sangat kuno untuk komunikasi data. Saat ini saat orang menggunakan teknologi digital untuk menghantarkan suara seperti pada ponsel GSM (Global System for Mobile Communications) dan CDMA (Code Division Multiple Access). Ini kebalikan dari modem dan kabel telepon yang mengirim data digital melalui saluran analog.
Sampai koneksi Internet yang lebih cepat di Indonesia tersedia dengan harga lebih murah, modem dan kabel telepon masih menjadi pilihan utama buat menyusuri 'jalan raya' informasi di negeri maya alias Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar